Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian dan Bentuk Drama Panggung

Siapa yang tidak mengetahui tentang drama panggung terlebih lagi bentuk drama panggung. Tentu beberapa dari kalian yang membaca artikel ini minimal sudah mengetahui bentuk drama panggung ini.
Namun tidak jarang juga ada beberapa orang atau sebagian orang yang belum mengetahui apa saja bentuk drama panggung bahkan hal simpel seperti pengertian bentuk drama panggungjuga ada yang belum mengetahuinya.
Nah maka dari itu guna menambah wawasan atau pengetahuan Anda mengenai bentuk drama panggung maka di dalam artikel kali ini akan membahas mengenai penjelasan lengkap mengenai pengertian dan juga bentuk drama panggung. silahkan untuk anda yang membutuhkan jasa sewa backdrop lamaran anda bisa menghubungi kami.

Pengertian Dan Bentuk Drama Panggung

Drama panggung ini merupakan drama yang mana pada umumnya dilakukan di atas panggung. Biasanya pementasan drama panggung ini akan sangat seru dan menyenangkan untuk ditonton.
Di sisi lain ada juga yang menyebutkan bahwa drama panggung ini merupakan sebuah drama dimana seluruh atau sebagian dinyanyikan yang menggunakan iring iringan musik instrumental tau biasa disebut dengan orkes. Maka hal ini disebut dengan opera dimana drama panggung ini dinyanyikan dengan iringan musik orkes.
Opera di sini bisa dimaksudkan dengan opera untuk acara cina dan bisa juga sebagai acara lawakan. Berbicara mengenai bentuk drama panggung tentu akan ada hubungannya dengan drama panggung.
Namun apakah Anda mengetahui apa itu drama panggung? Jika belum mari Kita simak penjelasan mengenai pengertian dari drama panggung ini.
Menurut seorang ahli bernama Wiyanto mengatakan bahwa drama panggung ini merupakan salah satu jenis drama yang dimainkan di atas sebuah panggung pertunjukkan.
Dimana para penonton yang menyaksikan pementasan tersebut akan dekat dengan para pemain drama sehingga bisa dikatakan bahwa pemain drama akan secara langsung menyajikan drama nya tepat di hadapan para penontonnya.
Sehingga para penonton akan bisa ikut merasakan dan juga mengikuti bagaimana jalannya lakon tanpa ada sesuatu yang menghalangi dan bisa menikmati pertunjukkan dengan baik. Namun setelah ini akan di bahas mengenai apa perbedaan drama kolosal dengan drama panggung. kami memiliki jasa sewa backdrop acara seminar.

Perbedaan Bentuk Drama Kolosal Dengan Bentuk Drama Panggung

Sejak tadi Kita membicarakan mengenai drama panggung namun apakah Anda sudah mengetahui apa yang membedakan drama panggung ini dengan drama kolosal? Nah tentu akan timbul pertanyaan dari diri Anda mengenai apa yang bisa membedakan antara drama panggung dengan drama kolosal.
Jadi perlu Anda ketahui bahwa drama ini merupakan suatu komposisi prosa dan juga syair dimana komposisi ini diharapkan akan bisa memberikan suatu gambaran mengenai watak serta kehidupan dengan melalui dialog dan juga tingkah laku yang telah dipentaskan di atas panggung.
Pada umumnya drama ini akan berisikan cerita mengenai kisah yang akan melibatkan emosi dan juga konflik yang mana sudah dikhususkan dibuat untuk pertunjukkan seni teater. Di dalam drama tentu akan mempunyai unsur unsur yang bisa membentuknya. Baik itu unsur dari dalam atau intrinsik atau unsur dari luar atau ekstrinsik.
Di dalam drama ada unsur intrinsik yang terdiri dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, serta alamat. Sedangkan untuk unsur ekstrinsik nya ada sutradara, produser, para pemain, tim kreatif, tim sound system, tim make up, tim kostum, dan masih banyak lagi tm tim pendukung yang lainnya. Semua unsur drama tersebut akan bisa bersatu dan bisa menciptakan sesuatu yang padu.
Berdasarkan penyajian lakon nya maka drama akan bisa dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  1. Drama tragedi, salah satu jenis drama yang menyajikan suatu cerita dengan penuh akan kesedihan.

  2. Drama komedi, jenis drama yang penuh akan cerita yang lucu sehingga bisa menghibur para penontonnya.

  3. Drama tragikomedi, drama ini merupakan jenis drama yang didapat dari perpaduan dua jenis drama yang sebelumnya sudah dijelaskan. Dimana drama ini akan memuat cerita dengan perpaduan sedih, lucu serta bisa menghibur penontonnya.

  4. Drama melodrama, merupakan suatu drama dimana pengucapannya akan diiringi dengan musik.

  5. Drama opera, adalah salah satu jenis drama yang pengucapan di dalamnya dilakukan dengan bernyanyi serta akan diiringi dengan musik.

  6. Drama farce, dimana drama ini akan berisikan mengenai kritikan, bisa juga disebut sebagai sebuah dagelan.

  7. Drama tablo, jenis drama ini sangat unik, sebab drama ini akan lebih mengutamakan gerakan gerakan di dalamnya daripada pengucapannya.

  8. Drama sendratari, merupakan jenis drama yang gerakan di dalamnya akan dilakukan dengan cara menari.

Nah itu tadi pembagian drama yang berdasarkan atas lakon nya. Dan sekarang akan disajikan mengenai pembagian drama yang berdasarkan sarana yang digunakan dalam pementasannya. Dimana ada 6 macam drama antara lain:

  1. Drama panggung, merupakan drama yang dipentaskan di atas sebuah panggung.

  2. Drama radio, drama ini unik karena akan disajikan dengan melalui radio. Dengan demikian maka drama ini hanya bisa dinikmati suaranya saja sehingga tidak akan bisa dilihat dan juga dirasakan.

  3. Drama televisi, sesuai dengan namanya maka drama ini akan disajikan melalui televisi, sehingga drama ini tidak akan bisa disentuh melainkan hanya bisa dilihat dan didengar saja.

  4. Drama film, dimana drama ini akan disajikan di layar lebar atau sebuah bioskop.

  5. Drama wayang, drama ini penyajiannya akan dipadukan dengan pementasan sebuah wayang.

  6. Drama boneka, drama ini menggunakan boneka sebagai tokoh yang memainkan cerita di dalam pementasan drama tersebut.

Sesuai dengan penjelasan di atas tadi maka drama panggung ini adalah drama yang dimainkan di atas sebuah panggung. Panggung ini sendiri merupakan suatu lantai yang dibuat dengan menggunakan papan, bambu dan yang lainnya dan juga diberikan sebuah tiang. Sehingga dengan demikian akan bisa membuat posisi panggung akan bisa lebih tinggi dari yang lainnya.
Panggung ini tidak hanya digunakan untuk pementasan drama saja, namun bisa juga dijadikan untuk bermain sandiwara, menyampaikan pidato dan yang lainnya. Sedangkan drama kolosal merupakan nama yang dipentaskan oleh banyak pemain.
Untuk banyaknya jumlah pemain ini tidak akan menentu namun yang pasti tokoh yang digunakan akan lebih banyak dari drama pada umumnya. Untuk tema biasanya akan mengusung mengenai kerajaan atau peperangan dan kesaktian. Misalkan saja ada suatu peperangan maka drama kolosal ini akan menggunakan pemain sebanyak lebih dari 50 orang.
Sehingga dengan demikian akan bisa terlihat mirip dengan aslinya ketika banyak orang melakukan peperangan. Namun untuk bisa membedakan antara drama panggung dengan drama kolosal ini maka akan dibutuhkan pemahaman yang matang mengenai dua jenis drama ini.
Intinya adalah drama panggung adalah drama yang dipentaskan di panggung sedangkan drama kolosal adalah drama yang dipentaskan langsung di lantai sebab menggunakan pemain yang sangat banyak di dalam mementaskan dramanya. untuk menanyakan jasa sewa backdrop murah silahkan hubungi kami.